Research

Penelitian Uji Blasting pada kolom di gedung tua

Informasi:
Pengujian ledakan dilakukan pada gedung tua. Kolom yang diperkuat FRP dan yang tidak diperkuat diuji ledakan. Hasilnya kolom yang tidak diperkuat setelah ledakan tampak melendut sedangkan kolom yang diperkuat terlihat baik-baik saja.

Penelitian Pengujian Geser pada dinding batayang diperkuat dengan FRP di State University of New York at Buffalo, USA

Informasi:
Dinding bata yang merupakan bukan struktur deperkuat dengan 2 layer FRP tipe WEB pada salah satu sisinya kemudian diuji geser. Hasil pengujianya itu meningkatkan kapasitas geser sebesar lebih dari 200 %.

Penelitian Uji lentur balok dengan variasi jumlah layer FRP di Universitas Lampung, Bandar Lampung

Informasi:

4 buah Balok dengan dimensi 15X15 cm dan panjang 2 m, dengan variasi tanpa FRP (BL), dengan FRP 1 layer (BL1), 2 layer (BL2) dan 3 layer (BL3) diuji lentur. Hasil pengujian adalah balok tanpa FRP (BL) fail saat beban 4198 kg, balok dengan FRP 1 (BL1) layer fail saat beban 6804 kg, balok dengan FRP 2 layer (BL2) fail saat beban 7078 kg, dan balok dengan FRP 3 layer (BL3) fail saat beban 7352 kg. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa terjadi peningkatan kekuatan sebesar 62,08 % untuk BL1, 68,60 % untuk BL2 dan 75,13 % Untuk BL3 terhadap baloktan paper kuatan (BL).

Penelitian Uji Tekan Pada Pipa Baja

Informasi:

Pipa Baja pada 1 sisi ditutup kemudian sisi lainnya diberi tekanan air, hasil pengujian adalah pipa masih dalam kondisi baik-baik saja setelah diberi tekanan 20 bar.

Penelitian Pier Jembatan skala 1:1 di Sequad USA

Penelitian ini menggunakan model Pier Jembatan dengan skala ukuran 1:1 (sesuai pier di lapangan). Benda uji di tes ductility yaitu dibebani aksial (beban tetap) dan dibebani lateral (beban dinamis). Hasil pengujian Pier jembatan crack di ductility 3. Benda uji yang sama di perbaiki (injeksi dan patching) kemudian di wraping dengan E-Glass 4 layer dan diuji ductility. Hasil pengujian beton masih dalam keadaan baik-baik saja (belum crack) di ductility 10.

Accordion Menu