EVALUASI PERATURAN GEMPA SEISMIC TERBARU

INFORMASI UMUM

EVALUASI/PENYESUAIAN PERATURAN GEMPA SEISMIC TERBARU

Di Indonesia sering terjadi gempa besar yang menyebabkan banyak bangunan rusak atau runtuh. Dengan menggunakan data-data gempa terbaru, dilakukan pembaharuan peta gempa Indonesia sehingga berimplikasi pada perubahan nilai respons spektrum yang berpengaruh pada level kinerja struktur terhadap beban gempa. Oleh karena itu, pembaharuan juga dilaksanakan dengan disusunnya SNI 1726-2019 sebagai peraturan perencanaan struktur bangunan tahan gempa terbaru yang telah disahkan oleh Badan Standardisasi Nasional.

SNI ini baru mulai efektif diberlakukan pada Februari 2022. Setelah Februari 2022, semua bangunan gedung wajib didesain sesuai SNI 2847:2019 dan SNI 1726:2019.

KENDALA

permasalahan utama

Struktur yang baru akan didesain maupun telah dibangun harus dievaluasi kembali sesuai SNI terbaru agar sesuai dengan evaluasi yang telah dilakukan.

SOLUSI

Solusi Kami

  • Melakukan evaluasi ulang pada bangunan dengan cara analisis struktur menggunakan aplikasi modelling sesuai dengan peraturan terbaru.
  • Melakukan perbandingan antara bangunan eksisting┬ádengan hasil analisis struktur, sehingga didapatkan nilai kebutuhan perkuatan tambahan yang diperlukan (jika struktur tidak kuat menerima beban).
  • Melakukan desain perkuatan struktur dengan menggunakan FRP untuk penguatan struktur.

SERTIFIKASI

SERTIFIKASI KAMI

Kami telah mengerjakan berbagai proyek perkuatan infrastruktur. Dengan produk Fyfe Indonesia, beragam tantangan telah terlalui dengan baik.

Studi kasus

Diskusikan proyek anda bersama kami